Pages

Minggu, 13 April 2008

NESTING BEHAVIOR OF SWALLOW BIRD

NESTING BEHAVIOR

WALET membuat sarangnya di waktu malam, karena sepanjang pagi hingga sore hari ia mencari mangsa untuk dimakan. Pasangan WALET jantan dan betina akan silih berganti mengoleskan air liurnya pada dinding tempatnya bersarang. Setelah bentuk sarangnya telah sempurna maka sang betina akan mulai bertelur. Setiap sarang akan berisi dua telur. Burung ini akan membuat sarangnya sepanjang tahun tanpa berhenti. Sarang yang dibuat pada musim berbiak akan berbentuk kecil dan kurang sempurna biasanya sarang ini hanya untuk tempat bergantung dan beristirahat saja. Sedangkan sarang yang dibuat pada musim berbiak bulan September hingga april bentuknya akan besar, tebal, kuat dan sempurna karena lebih difungsikan sebagai tempat untuk mengeram.

Pada musim berbiak pembuatan sarang akan dimulai pada bulan September dan puncaknya pada bulan November kemudian menurun dan berakhir pada bulan april. Waktu untuk pembuatan sarang pada musim berbiak menghabiskan waktu selama 40 hari sedangkan di luar itu selama 80 hari karena produksi air liurnya menurun.

Pemungutan sarang burung pada musim berbiak akan merangsang WALET untuk segera membuat sarang lagi. Pembuatan sarang pengganti biasanya lebih cepat dari sebelumnya. Tapi pengambilan sarang pada musim ini secara rutin akan menyebabkan WALET kehilangan rasa aman, apalagi dilakukan disaat WALET sedang bertelur dan mengerami.

Setelah telur yang dihasilkan berjumlah genap (dua), pasangan ini akan silih berganti menjaga sayangnya. Telur-telur ini akan dierami selama 13-15 hari. Selama musim peneluran WALET dapat menghasilkan 2 telur sedangkan pada musim pembiakan WALET dapat menghasilkan 8 telur atau 4 pasang WALET.

Anak WALET yang menetas akan disuapi selama 45 hari. Pada siang hari induk WALET akan sering ke sarangnya untuk menyuapi. Setelah seminggu, anak WALET sudah mulai berbulu. Mula-mula muncul dari sayapnya kemudian punggung dan seterusnya di seluruh tubuh. Setelah 45 hari kemudian ia akan bisa terbang dan mencari mangsanya sendiri.

0 komentar: