Pages

Minggu, 13 April 2008

PRIMITIF SWIFTLET'S HOME

PRIMITIF SWIFTLET'S HOME

RUMAH WALET PRIMITIF

GUA merupakan rumah WALET primitive. Ruang gua bisa dibagi ke dalam dua bagian yaitu :

Twilight zone

Twilight zone atau mintakat senja adalah bagian gua yang mendapatkan sinar matahari atau daerah remang-remang. Suhu, kondisi penerangan, ketenangan, kelembapan menyerupai keadaan di luar gua.

Dark zona

Dark zona atau mintakat gelap adalah bagian gua yang gelap sebelah dalam mintakat senja. Kondisi di bagian ini sangat stabil.

Macam-macam gua ;

  1. Gua kapur

Gua kapur memiliki aliran atau rembesan air di dasar, di dinding dan atap gua. Burung WALET akan menempati bagian atap gua yang kering.

  1. Gua pantai

Gua pantai memiliki Kelembapan udara yang cukup tinggi. Di dalam gua ini agak terang dibandingkan gua kapur. Temperaturnya relative konstan. Namun suasana didalamnya tidak sepi dikarenakan adanya suara deburan ombak.

Akhir-akhir ini populasi burung penghuni gua ini menurun drastic dikarenakan adanya aktivitas manusia di sekitar gua, seperti penanaman di atas gua, peracunan ikan, penangkapan burung WALET, pengambilan batu kapur, pembakaran batu kapur dan peledakan batu kapur dengan dinamit.

0 komentar: