Pages

Jumat, 11 April 2008

MANFAAT WALET

MANFAAT WALET

Sarang burung walet dipercaya mempunyai khasiat bermacam-macam, termasuk dapat menyembuhkan beberapa penyakit pernafasan, menghalus-kan kulit, menambah kebugaran tubuh dan memperpanjang usia.

Hasil dari peternakan walet ini adalah sarangnya yang terbuat dari air liurnya (saliva). Sarang walet ini selain mempunyai harga yang tinggi, juga dapat bermanfaat bagi duni kesehatan. Sarang walet berguna untuk menyembuhkan paru-paru, panas dalam, melancarkan peredaran darah dan penambah tenaga.

Sarang Burung Walet sejak lama dikenal sebagai makanan sehat dan berkhasiat dan sampai saat ini, orang-orang Tionghoa di seluruh dunia masih mengkonsumsi sarang burung Walet yang dimasak manis sebagai makanan penutup, dimasak sebagai sup dan juga dimasak dengan cara yang lain untuk keperluan kesehatan dan penyembuhkan penyakit; seperti penyembuhan organ tubuh bagian dalam, menjaga kesehatan paru-paru dan meningkatkan kesehatan kulit tubuh. Produk sarang burung Walet secara luas telah diketahui oleh orang-orang Tionghoa diseluruh dunia sebagai produk makanan sehat.

Menurut Kong et al. (1987), sarang walet yang dapat dikonsumsi oleh manusia berasal dari sarang yang dibuat dari air liur burung walet sarang putih (collocalia fuciphaga) dan burung walet sarang hitam (collocalia maxima) yang mengandung epidermal growth factor (egf). Sampai kini, harga sarang walet putih lebih mahal daripada sarang walet hitam. Pada bulan Januari 1999, misalnya, harga sarang walet yang dihasil-kan dari goa-goa alam di Desa Suwaran, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur untuk sarang walet putih seharga Rp 10 juta/kg dan walet sarang hitam seharga Rp 1,5 juta/kg (Solihin dkk., 1999: 61). Sedangkan, harga tertinggi sarang walet putih mencapai US$ 2,500/kg (Rp 25 juta/kg).

Manfaat sarang burung walet :

  • menyembuhkan pernafasan
  • menghaluskan kulit
  • menambah kebugaran tubuh
  • menyembuhkan paru-paru
  • menyembuhkan panas dalam
  • melancarkan peredaran darah
  • penambah tenaga
  • penyembuhan organ tubuh bagian dalam

0 komentar: