Pages

Rabu, 09 April 2008

JENIS WALET

JENIS WALET
Burung Walet adalah burung yang dapat dikatakan kecil secara ukuran badan dan warna burung Walet adalah hitam dengan kombinasi bulu abu-abu tua atau putih pada bagian dada. Burung Walet dapat terbang ratusan kilometer dari sarangnya pada waktu matahari mulai terbit dan kembali sebelum terbenam.

Klasifikasi burung walet adalah sebagai berikut:
Superorder : Apomorphae
Order : Apodiformes
Family : Apodidae
Sub Family : Apodenae
Tribes : Collacaliini
Genera : Collacalia
Species : Collacaliafuciphaga

Ada tiga macam jenis burung Walet yang paling dikenal di Indonesia dalam keluarga Aerodramus Fuchipagus mereka adalah :

Collocallia Maximus

Collocalia Maximus hidup di alam bebas dan mereka menghasilkan sarang liur yang tebal dan keras, sarang burung Walet semacam ini berwarna hitam pekat karena mengandung banyak bulu dan kotoran. Collocalia Maximus juga dikenal dengan sebutan sarang burung Walet goa (liar) karena jenis burung Walet ini hidup di goa-goa yang berada di alam bebas.

Collocalia Esculenta

Sarang burung Walet jenis Collocalia Esculenta juga dikenal dengan nama sarang rumput, sarang burung Seriti atau kapinis. Burung Walet (burung Seriti) jenis ini dapat hidup dan berkoloni dengan mudah dengan burung Walet goa (Collocalia Maximus) atau dengan burung Walet ternakan (Collocalia Fuchipaga) karena burung Walet (burung Seriti) ini mudah menyesuaikan diri dengan keberadaan alam yang berbeda-beda. Collocalia Esculenta mengeluarkan sedikit liur dibandingkan dengan sarang burung Walet ternakan dan sarang burung Walet goa; oleh sebab itu, burung Walet (burung Seriti) jenis ini mengkombinasikan rumput kering dan/atau daun kering dengan liurnya yang terbatas untuk membuat sarang.

Collocallia Fuchipaga.

Collocalia Fuciphaga adalah jenis burung Walet yang menghasilkan sarang yang sangat mahal harganya dan paling populer untuk diperdagangkan dibandingkan dengan semua macam jenis sarang burung Walet yang ada. Sepasang Collocalia Fuciphaga atau Sarang burung Walet ternakan meghasilkan sebuah sarang putih yang dibuat melekat pada bidang yang tetap dan sarang burung jenis ini terbuat dari liur murni.

Semua burung Walet dalam keluarga Aerodramus Fuchipagus hidup bergerombol dalam sebuah coloni. Keturunan mereka tinggal dan hidup bersebelahan satu dengan yang lain mengisi tempat-tempat kosong yang letaknya tinggi seperti pada langit-langit goa atau rumah (gedung).

0 komentar: